W E L C O M E

SMPN1 Tasikmalaya. Belajar. Berkarya. BerprestasiWelcome Myspace Comments
MyNiceSpace.com

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah seorang siswi SMPN1 Tasikmalaya kelas 9i program akselerasi angkatan ke 3 tahun ajaran 2007-2009

Our Lovely School, SMPN1 Tasikmalaya

Our Lovely School, SMPN1 Tasikmalaya
Ini adalah photo bangunan depan SMPN1 Tasikmalaya yang berada di Jl.Otto Iskandardinata no.21

Minggu, 08 Maret 2009

Upaya kita dalam mengurangi GLOBAL WARMING


Mungkin bagi saya, yang masih berstatus sebagai seorang siswi SMP, mengurangi atau meminimalisir pengaruh pemanasan global dapat diterapkan melalui niat dari diri kita sendiri dulu. Setelah itu barulah kita mencoba melakukan program untuk mengurangi pemanasan global. Kita dapat memulainya dengan hal-hal kecil terlebih dahulu seperti menanam dan merawat tanama hijau. Baik yang tumbuh didalam pot atupun ditanam di pekarangan rumah. Mungkin memang hal seperti itu terlihat terlalu sepele untuk upaya meminimalisir pemanasan global. Tapi ternyata dari hal kecil itulah yang berdampak besar bagi kondisi bumi kita saat ini! Bayangkan, kalau setiap orang di bumi ini memiliki satu tanaman hijau yang dirawat dengan baik pastilah udara disekitar kita juga akan terasa segar..

Seperti contoh sederhananya dalam kegiatan sehari-hari :
1. Gunakan bola lampu jenis flurosen alias Fluorescent Lights (CFLs).
2. Hemat listrik di rumah.
3. Jangan Gunakan plastik.
4. Maksimalkan penggunaan komputer.
5. Beli produk lokal.
6. Praktikan prinsip 4 R ( Reduce, Reuse, Recyle, Replace )
7. Pelan-pelan singkirkan energi tak terbarukan.
8. Bunuh produk penghisap listrik
9. Kurangi pemakaian bahan kimia.
10. Hijaukan rumah dengan tanaman (baik dalam pot ataupun dipekarangan)

Selain itu, Berikut ini adalah upaya-upaya yang harus kita perhatikan untuk mengurangi pemanasan global secara umum . Diantaranya sebagai berikut :
1.Menanggulangi Sampah :

  1. 1. Reduce (Mengurangi); sebisa mungkin lakukan minimalisasi barang atau material yang kita pergunakan. Semakin banyak kita menggunakan material, semakin banyak sampah yang dihasilkan.
  2. Reuse (Memakai kembali); sebisa mungkin pilihlah barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang disposable (sekali pakai, buang). Hal ini dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum ia menjadi sampah.
  3. Recycle (Mendaur ulang); sebisa mungkin, barang-barang yg sudah tidak berguna lagi, bisa didaur ulang. Tidak semua barang bisa didaur ulang, namun saat ini sudah banyak industri non-formal dan industri rumah tangga yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain.
  4. Replace (Mengganti); teliti barang yang kita pakai sehari-hari. Gantilah barang barang yang hanya bisa dipakai sekalai dengan barang yang lebih tahan lama. Juga telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan, misalnya, ganti kantong keresek kita dengan keranjang bila berbelanja, dan jangan pergunakan styrofoam karena kedua bahan ini tidak bisa didegradasi secara alami.
2. Mengurangi pemakaian barang-barang Elektronik secara berlebihan .
Seperti contonhnya : Air Conditioner, Handphone, Komputer, Dan Pemakaian Listrik berlebihan.

3. Gunakan Kendaraan bermotor seperlunya .
Seperti jika bepergian keluar kota atau keperluan mendesak . Jika hanya untuk pergi ke sekolah dan tempat les, tak ada salahnya kan kita menggunakan sepeda ataupun berjalan kaki? Selain ramah lingkungan dengan melakukan hal itupun tubuh bisa menjadi lebih bugar.! So, healthy are for you and our earth

4. Ciptakan Bahan Bakan baru yang Ramah Lingkungan !
Di Indonesia, bahkan hampir diseluruh pelosok negeri kini telah berkembang bahan bakar ramah lingkungan. Seperti mulai dari biodiesel, bio ethanol & gas alam. Hanya saja manusia masih kurang mempercayai bahan bakar ramah lingkungan ini. Dan tetap saja menggunakan bensin, solar, pertamax, ataupun premium..

5. Mulai mengadakan program-program penghijauan dunia
Seperti menanam seribu pohon yang diadakan oleh CITRA tahun lalu. Dan mengadakan program-program penghijauan lain yang berupaya untuk mengurangi angka pemanasan global

6. STOP Pembakaran dan penebangan hutan
Manusia selalu saja bertindak egois. mereka tak pernah memikirkan dampak dari penebangan hutan dan pembakaran hutan secara terus-menerus. Padahal, hutan adalah paru-paru dunia. Tetapi tetap saja manusia tak pernah memperdulikannya. Padahal, jika hutan habis dan bumi benar-benar hancur uang yang selama ini mereka kumpulkan toh akhirnya hanya akan sia-sia..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar